Top Ad 728x90

21 Feb 2013

Resep Sambal Terasi Goreng

Kali ini saya ingin berbagi mengenai resep sambal terasi goreng. Jika Anda tidak suka sambal terasi goreng, silahkan baca tentang cara membuat sambal terasi mentah pada posting terdahulu. Disini ada dua jenis sambal terasi goreng, yaitu sambal terasi yang ditumbuk terlebih dahulu baru di goreng dan sambal terasi yang di goreng dulu baru di tumbuk.

Nah, untuk resep sambal terasi goreng kali ini, saya memilih cara yang kedua. Kenapa? Karena jika saya memilih cara yang pertama, sambal terasinya akan mengandung banyak minyak. Sedangkan cara yang kedua hanya sedikit saja. Okey, biar tidak terlalu lama, saya akan langsung berikan resep sambal terasi goreng versi saya untuk Anda.
resep sambal terasi goreng
Ilustrasi Sambal Terasi
Bahan-bahan yang di perlukan :

1. Cabe dan tomat ( Sesuai kebutuhan )
2. Bawang Merah secukupnya
3. Terasi secukupnya
4. Garam
5. Gula pasir
6. Jeruk nipis ( Boleh pakai boleh tidak )

Cara Membuatnya :
Panaskan minyak terlebih dahulu, lalu masukkan cabe atau cabai bersama dengan tomat, terasi dan juga bawang merah. Goreng hingga benar-benar layu. Setelah di rasa sudah mulai benar-benar layu, angkat dan biarkan minyak menetes terlebih dahulu. Tuang ke dalam ulekan dan beri garam secukupnya.

Ulek hingga di rasa benar-baner sudah hancur. Sebelum di hidangkan, test rasanya terlebih dahulu. Jika kurang garam dan rasanya gatel, silahkan bisa tambhkan garam dan juga gula secukupnya. Sekarang sambal terasi gorengnya sudah jadi dan siap untuk di hidangkan, matapsss!

Note :
Bahan-bahan diatas bisa Anda tambah sesuai dengan selera Anda. Tapi kalau saya, bahan diatas sudah sangat cukup dan rasanya lebih maknyos, daripada harus pakai bahan macam-macam yang belum tentu rasanya lebih enak. Salam

0 komentar:

Posting Komentar

Top Ad 728x90